Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

Mengenal Negara Malaysia

Malaysia merupakan negara kerajaan berbentuk federasi yang berdiri tanggal 16 September 1963. Negara Federasi Malaysia awalnya adalah persekutuan tanah Melayu (Singapura, Sabah, dan Serawak), dan merupakan koloni Inggris. Tahun 1965 Singapura melepaskan diri.
Kerajaan Malaysia dipimpin Yang Dipertuan Agung, dan kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri. Ibukota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur.

Letak dan luas

Ditinjau dari letak astronomisnya, wilayah Malaysia berada antara 1 LU – 7 LS, dan antara 100 BT – 120 BT. Wilayah Malaysia terbagi atas dua kawasan. Kawasan di Semenanjung Malaysia disebut wilayah barat, dan kawasan di Pulau Kalimantan disebut wilayah timur. Kedua kawasan terpisah oleh Laut Cina Selatan. Berikut adalah batas-batas geografis wilayah Malaysia.

  • Sebelah utara : Thailand, Laut Cina Selatan
    dan Brunei Darussalam.
  • Sebelah timur : Laut Sulu dan Laut Sulawesi.
  • Sebelah barat : Selat Malaka.
  • Sebelah selatan : Indonesia dan Singapura.


Seluruh wilayah Malaysia memiliki luas kirakira 329.750 km². Malaysia Barat yang mencakup wilayah Semenanjung Malaysia, luasnya mencapai
131.587 km2. Wilayah Malaysia Timur yang mencakup Sabah dan Serawak di Pulau Kalimantan, memiliki luas  200.969 km2.

Malaysia Timur

Malaysia timur (Sabah dan Serawak) didominasi pegunungan, di mana 80 persen di antaranya berketinggian >1.400 meter. Di Sabah terdapat rangkaian pegunungan utama yang membentang sejajar garis pantai. Misalnya, Pegunungan Crooker dengan puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.101 m). Gunung Kinabalu juga merupakan tiiik tertinggi di Malaysia.
Dataran pantai Malaysia Timur umumnya sempit dan berawa-rawa. Di antara wilayah dataranrendah pantai dan wilayah pegunungan terdapat daerah bergelombang dan berbukit-bukit, (ratarata berketinggian 800 m). Sungai di Malaysia Timur mempunyai aliran relatif pendek dan berbelok-belok. Sungai-sungai penting adalah Sungai Kinabatang (563 km) bermuara ke Laut Sulu, Sungai Rajang (562 km) bermuara ke Laut Cina Selatan dan Sungai Baram (400 km) bermuara ke Laut Cina Selatan.

Malaysia Barat

Malaysia Barat mencakup bagian selatan Semenanjung Malaysia. Bagian tengahnya berupa pegunungan rendah, serta melandai pada sisi timur dan selatan.

Pegunungan Titiwangsa memanjang dari perbatasan Malaysia dengan Thailand hingga ke perbatasan negara bagian Malaka. Pegunungan ini adalah yang terpanjang di Malaysia Barat (483 km). Di sebelah barat pegunungan ini terdapat Pegunungan Nakawan, Kedah Singgora, dan Bintang. Di bagian timur terdapat Pegunungan Pantai Timur. Puncak tertinggi di Malaysia Barat adalah Gunung Tahan ( 2.190 m).

Dataran rendah menjadi karakter wilayah sisi timur dan selatan. Pada dataran bagian barat, wilayahnya menyempit di utara dan melebar di selatan.
Dataran rendah di sebelah timur Pegunungan Tahan (Johor, Selangor, Kedah, Kelantan dan Pahang), berupa rawa, hutan lebat, dan tanah agak tandus. Sungai penting di Malaysia Barat yaitu Sungai Pahang (9.450 km) dan Klantan (284 km) yang bermuara ke Laut Cina Selatan; dan Sungai Perak (273 Km), bermuara ke Selat Malaka.

1 komentar:

darklord mengatakan...

nice info gannnn


gan maen ke blog ane yaaaa

http://backyardquiltstudio.com/

http://eternoespectador.com

http://flyingmatch.wordpress.com

Poskan Komentar

Silahkan memberi comment jika punya usul atau pertanyaan.....